Bootstrap

Bootstrap Carousel – Data Dari Database MySQL

Bootstrap Carousel - Data Dari Database MySQL
Written by Fatoni

Bootstrap Carousel Data Dari Database MySQL. Kali ini saya akan buat sebuah tutorial bagaimana cara membuat Bootstrap Carousel (Image Slider) yang mana data (gambar dan deskripsi) disimpan di database MySQL dan akan ditampilkan dengan script PHP.

Pertama silahkan download dahulu source code Bootstrap disini.

Jika sudah download silahkan ekstrak file tersebut, dan anda akan mendapat sebuah folder dengan nama dist, nah didala folder ini ada 3 buah folder yaitu css, font dan js. Ketiga folder inilah yang akan dipakai.

Silahkan pindahkan 3 folder tersebut ke direktori anda membuat tutorial ini. Kalau di kasus saya, akan saya pindahkan di D:\AppServ\tutotialweb\carousel\

Nah sekarang buat folder baru di dalam folder Anda tadi yang sejajar dengan 3 buah folder tadi. Buat folder dengan nama img. Folder ini digunakan untuk menyimpan file image/gambar untuk Carousel nantinya. Struktur foldernya bisa dilihat seperti di bawah ini:

carousel

Karena nantinya data dari slider ini akan disimpan di database MySQL, maka buat dulu sebuah Database di phpMyAdmin. Dalam kasus ini saya membuat database dengan nama tutorialweb. Dan Dumping script SQL dibawah ini untuk mendapatkan sebuah tabel carousel beserta field-fieldnya, dan berikut ini scriptnya:

Jika sudah anda akan mendapatkan 3 data yang sudah di masukkan ke dalam database.

Selanjutnya buat file PHP baru, beri nama index.php, dan copy paste script di bawah ini:

Jangan lupa disimpan.

Silanjutnya buat file CSS baru, beri nama custom.css, dan copy paste script di bawah ini:

Simpan didalam folder css ya..

Nah, sampai sini sudah bisa. Silahkan dicoba. Untuk penjelasan kode dan link download menyusul ya.. 😀

About the author

Fatoni

Programming is my hobby, not my job.

34 Comments

Leave a Comment