Lain-Lain

Belajar React Native, Bahasa Pemrograman Yang Mudah Di Pahami

Belajar React Native
Written by Fatoni

Mengapa Harus Belajar React Native dari Sekarang?

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi tentang dasar-dasar belajar React Native yang harus diketahui oleh pemula. Mungkin sebagian dari kamu sudah ada yang tahu apa itu React Native. Supaya semua pembaca sepemahaman, saya akan jelaskan terlebih dahulu pengertian React Native.

Apa itu React Native?

Adakah di sini yang berprofesi sebagai developer mobile apps baik itu Android atau iOS? Selama ini kalian pasti merasa kesulitan mengerjakan sebuah aplikasi untuk dua sistem operasi sekaligus. Bahasa pemrograman yang digunakan berbeda sehingga memakan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan sebuah program yang dapat dijalankan pada kedua sistem operasi populer tersebut.

Facebook mencoba menjawab keresahan para developer mobile apps dengan menghadirkan framework React Native yang didasarkan pada Javascript. Hebatnya React Native ini adalah kita dapat membuat aplikasi native yang benar-benar berjalan mulus. Beberapa framework dapat membuat aplikasi web yang terasa native, namun React Native memungkinkan kita mengembangkan aplikasi native bukan berbasis web. Aplikasi seperti Facebook, Instagram, Skype, dan UberEats dikembangkan menggunakan framework React Native. Meskipun tergolong baru, React Native memiliki basis komunitas yang besar dan memiliki repositori terbesar kedua di GitHub. Hal itu juga membuat saya tidak ragu-ragu untuk belajar React Native karena framework ini terus berkembang.

Mengapa Harus Belajar React Native?

Membangun aplikasi mobile membutuhkan kemampuan pemrograman dan ketekunan untuk terus belajar hal baru. Terdapat berbagai framework yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi, namun saya memilih belajar React Native dengan alasan berikut ini:

Basis komunitas pengembang yang sangat besar dan antusias

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, framework besutan raksasa internet ini berhasil menarik perhatian banyak pengembang di seluruh dunia. Ribuan kontributor dengan antusias berkontribusi setiap hari di repositori terbuka React Native GitHub yang dapat diakses siapa saja. Karena tingginya peminat, kalian tidak perlu kesulitan mencari informasi untuk belajar React Native di internet. Kursus online seperti Udemy memiliki puluhan kelas tentang React Native yang bisa memperdalam ilmu tentang framework ini.

Apa itu React Native

Bahasa pemrograman yang mudah dipahami.

Setiap developer pasti mempelajari bahasa pemrograman Javascript, paling tidak memahami dasar-dasarnya. Dengan memahami Javascript, kita dapat mulai mengembangkan aplikasi mobile menggunakan framework React Native. Ada beberapa komponen yang berbeda dari Javascript pada umumnya, kita dapat dengan mudah menemukannya di Google.

Sekai dayung, dua tiga pulau terlampaui

Peribahasa tersebut mencerminkan dengan sempurna kapabilitas dari framework React Native. Kita hanya perlu mengkoding satu kali untuk membangun aplikasi yang dapat berjalan di dua sistem operasi berbeda. Ketika sudah memahami arsitektur dan prinsip framework ini, kita tidak hanya bekerja lebih efisien namun juga menjangkau basis pengguna yang lebih luas.

Komponen yang dapat digunakan ulang

Belajar React Native

Hemat waktu dan sumber daya lainnya karena komponen React Native dapat digunakan ulang dan dimodifikasi untuk membangun tatap muka pengguna yang dinamis. Kita dapat menciptakan design system yang menyeragamkan gaya desain aplikasi sebuah perusahaan meskipun lintas sistem operasi demi memperkuat citra dan identitas perusahaan.

Dimana Belajar React Native?

Bagi kamu yang ingin belajar React Native lebih dalam lagi, kalian bisa mencobanya di Udemy. Salah satu kelas yang direkomendasikan adalah “The Complete React Native + Hooks Course” yang diajarkan oleh Stephen Grider. 

Ada berbagai fitur yang membantu dan mempermudah proses pembelajaran di Udemy, seperti fitur download resource dimana kamu bisa mengunduh materi pembelajaran yang disediakan oleh instruktur. Di Udemy, ada berbagai kursus selain React Native seperti desain web, desain grafis, network engineering, digital marketing, dan lain-lain. Metode pembayarannya sendiri juga mudah, kamu bisa membayar kursus melalui Alfamart dan Indomaret.

Sekian dulu untuk informasi mengenai alasan kita harus belajar React Native. Semoga bermanfaat.

About the author

Fatoni

Programming is my hobby, not my job.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.