CodeIgniter

Konfigurasi atau Setting Awal Framework CodeIgniter

Written by Fatoni

Konfigurasi atau Setting Awal Framework CodeIgniter. Salam buat sobat tutorialweb yang makin pinter aja. Di tutorial ini kita akan bahas yang namanya Framework CodeIgniter, seperti yang sudah sobat ketahui CodeIgniter ini adalah salah satu Framework Gratis yang populer saat ini, dan banyak sekali aplikasi yang dikembangkan dengan Framework CodeIgniter.

Tutorial ini tidak akan membahas tentang apa itu Framework, CodeIgniter dan pengertian lainnya seperti Model, View atau Controller. Kalau sobat belum paham tentang hal yang saya sebutkan tadi, sobat bisa browsing saja ya tentang pengertian dan cara kerja Framework CodeIgniter ini.

Oke sob, yang kita bahas dalam tutorial ini adalah tentang Konfigurasi atau Setting Awal Framework CodeIgniter. Jadi nanti akan dijelaskan bagaimana cara konfigurasi dari awal sampai si CodeIgniter ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi sobat.

Sebelum kita mulai pastinya sobat harus punya dulu file CodeIgniter nya, sobat bisa download di web resmi CodeIgniter di https://www.codeigniter.com. Dan sobat bisa baca-baca dokumentasinya di https://www.codeigniter.com/user_guide/

Setelah sobat sudah download, kemudian ekstrak file tersebut dan pindahkan ke folder htdocs di web server yang sobat gunakan. Dalam hal ini saya menggunakan XAMPP.

Setelah di pindahkan kemudian kita coba apakah sudah bisa diakses di browser. Caranya buka browser dan masukkan alamat: localhost/folder_code_igniter
Dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Nah, jika sudah muncul seperti gambar di atas, maka kita sudah bisa untuk melakukan konfigurasi awal CodeIgniter.

autoload.php

Pertama kita buka file yang bernama autoload.php, file ini berada di folder application/config. Silahkan dibuka kemudian kita akan setting beberapa hal, yaitu:

  • $autoload[‘libraries’] = array();
    Script ini digunakan untuk menjalankan libraries yang ada di CodeIgniter secara otomatis ketika web dibuka, beberapa libraries yang penting adalah session, database, form_validation. Lebih banyak tentang libraries bisa kunjungi: https://www.codeigniter.com/user_guide/libraries/index.html
    Maka ubah script di atas menjadi seperti ini:
  • $autoload[‘helper’] = array();
    Script ini digunakan untuk menjalankan helper yang ada di CodeIgniter secara otomatis ketika web dibuka, beberapa helper yang penting adalah url, form. Lebih banyak tentang libraries bisa kunjungi: https://www.codeigniter.com/user_guide/helpers/index.html
    Maka ubah script di atas menjadi seperti ini:

config.php

Selanjutnya kita buka file config.php, file ini berada di folder application/config. Silahkan dibuka kemudian kita akan setting beberapa hal, yaitu:

  • $config[‘base_url’] = ”;
    Script ini digunakan untuk menentukan url root dari web kita, jika kita ingin membuat link menuju ke web kita maka tinggal ketikkan base_url();.
    Maka ubah script di atas menjadi seperti ini:
     
  • $config[‘index_page’] = ‘index.php’;
    Script ini digunakan untuk mengatur index page, atau halaman awal yang akan tampil ketika web dibuka. Ubah script di atas menjadi seperti ini:
    Kenapa kok dihilangkan, karena nanti kita akan membuat web ini SEO URL dengan menghilangkan file index.php pada url.

routes.php

File ini bertugas untuk menangani masalah URL/alamat website kita, file ini bisa sobat temukan di folder application/config.
Silahkan buka dan sobat akan menemukan script seperti di bawah ini:

Bisa dilihat pada $route[‘default_controller’], yaitu welcome. ini digunakan untuk mengatur controller mana yang akan dijalankan pada pertama kali web dibuka. Silahkan ubah welcome dengan controller sobat yang ingin dijadikan halaman depan. Untuk lainnya biarkan saja.

database.php

File ini bisa sobat temukan di folder application/config. File ini dirubah jika sobat sudah menggunakan database di dalam project web sobat. Dan apa saja yang dirubah, silahkan lihat di bawah ini.

Hanya 4 point itu yang diubah.

.htaccess

Selanjutnya kita buat file baru ya sob, dengan nama .htaccess file ini digunakan untuk menghilangkan nama file index.php pada alamat atau url web kita nantinya.

Misal web awal sobat kayak ini: www.tutorialweb.net/index.php/blog

Nah dengan .htaccess kita bisa menghilangkan index.php menjadi kayak ini: www.tutorialweb.net/blog

Ini juga sangat baik untuk SEO web sobat.

Buat file .htaccess di root direktori CodeIgniter sobat. Dan isinya seperti dibawah ini

Oke sob. mungkin hanya itu saja yang perlu di konfigurasi atau di setting pada saat sobat ingin menggunakan CodeIgniter.

Silahkan like, share, comment dan rate tutorial ini jika sobat suka.

About the author

Fatoni

Programming is my hobby, not my job.

Leave a Comment