MySQL

Penjelasan Tentang MySQLi

Written by Fatoni

Penjelasan Tentang MySQLi. Pernahkan Anda mengalami masalah dengan munculnya pesan error The mysql extension is deprecated and will be removed in the future. Ya, pesan itu muncul karena Query yang Anda gunakan adalah MySQL, dan Command MySQL ini akan di hapus kedepannya, dan tidak di support lagi. Jadi jika Script yang Anda gunakan masih MySQL, sekarang harus bersiap-siap untuk migrasi menggunakan MySQLi. 😀

MySQLi, dimana i ini mempunyai kepanjangan inproved yang berarti ditingkatkan. Nah dari arti ini saja kita sudah paham bahwa MySQLi adalah hasil pengembangan dari MySQL itu sendiri.

Sebenarnya apa sih perbedaan antara MySQL dengan MySQLi? Pada dasarnya databasenya masih sama dengan SQL dan phpMyAdmin juga masih sama, hanya saja pada MySQLi suport object oriented maupun prosedural. Object oriented nya sendiri sudah build in, jadi tidak perlu untuk membuat class sendiri. Tapi yang menurut saya keren karena MySQLi tidak perlu diinstall, sehingga saat menggunakan hosting gratisan extensinya nya sudah ada, dan bisa dilihat dari phpinfo. Sedangkan di localhost bisa dilihat di php.ini, di situ sudah ada extension=php_mysqli.dll.

Nah untuk prosedural dari MySQLi tidak jauh beda dari MySQL, berikut ini beberapa contohnya:

Koneksi Database MySQL

Koneksi Database MySQLi

Query SELECT di MySQL

Query SELECT di MySQLi

Nah, mungkin itu dulu untuk pengenalan MySQLi ini, untuk kedepannya akan dijelaskan lebih lanjut tentang MySQLi di tutorial yang akan datang. Dan kemungkinan dalam tutorial pemrograman lainnya akan menggunakan MySQLi, baik itu yang proseduran maupun yang object oriented (OOP).

Sampai jumpa di tutorial berikutnya.. 😀

About the author

Fatoni

Programming is my hobby, not my job.

5 Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.