jQuery MySQL PHP

Menampilkan Data dari Database MySQL Tanpa Loading Dengan jQuery

Written by Fatoni

Menampilkan Data dari Database MySQL Tanpa Loading Dengan jQuery. Kali ini tutorial tentang jQuery yaitu bagaimana cara menampilkan data di database MySQL tanpa loading dengan PHP dan jQuery. Pada tutorial sebelumnya juga sudah saya buat tentang Cara Insert Data ke Database MySQL tanpa loading dengan PHP dan jQuery.

Beberapa hal di butuhkan adalah tentu saja sebuah Database dan Table di phpMyAdmin. Dan juga file jQuery yang bisa Anda download diwebsite resminya disini. Dan untuk file apa saja nanti yang akan dibuat, silahkan lihat struktur folder di bawah ini:

Menampilkan Data dari Database MySQL Tanpa Loading Dengan jQuery

Nah, seperti pada gambar di atas, setelah Anda mendownload jQuery silahkan tempatkan file tersebut di dalam folder scripts.

Oke, langsung dimulai saja. Pertama buat sebuah Database di phpMyAdmin Anda dan dalam hal ini saya membuat Database dengan nama tutorialweb, kemudian import/dumping Script SQL di bawah ini:

Dari Script SQL di atas Anda akan mendapatkan satu buah Table dengan Nama siswa, dan sudah ter-Insert Tiga data di dalamnya.

Selanjutnya buat file PHP baru dan beri nama index.php, kemudian tuliskan Kode di bawah ini:

Perhatikan pada baris ke-7, terdapat tag <ul></ul> yang masih kosong (tidak terdapat list-nya), nah dengan Script jQuery nanti akan mengisi list tersebut.

Kita buat lagi file PHP dan beri nama connect.php, dan kode seperti di bawah ini:

Pastikan untuk username dan password database sudah sesuai dengan server Anda.

Selanjutnya buat lagi file PHP dan kali ini beri nama tampil.php, dan kode seperti di bawah ini:

Jangan lupa disimpan 🙂

Sekarang kita buat file javascript yang akan menghandle cara menampilkan data yang sudah di fetch di file tampil.php, dan berikut ini kode nya:

Silahkan simpan dengan nama tampil.js dan simpan di dalam folder scripts sejajar dengan file jQuery Anda tadi.

Nah, sudah jadi. silahkan coba.

Oh ya, karena ini cuma menampilkan data saja tidak ada Insertnya ke database, maka untuk mencobanya silahkan buka 2 (dua) browser, misalkan Firefox dan Chrome. Kemudian untuk Firefox buka Database nya dan di Chrome buka Hasil Script index.php yang di atas tadi. Dan jadikan tampilan kedua browser seperti gambar di bawah ini:

show

Insert-kan data di phpMyAdmin, dan secara otomatis (tanpa loading) data bisa ditampilkan.

Silahkan coba untuk delete dan edit datanya. Dan lihat hasilnya 🙂

About the author

Fatoni

Programming is my hobby, not my job.

36 Comments

Leave a Comment